5 Masakan Terbuat Dari Telur Yang Kekinian

5 Olahan telur kekinian yang nggak cuma mata sapi

Telur termasuk salah satu bahan makanan pokok di dapur-dapur rumah tangga Indonesia. Biasanya diolah menjadi lauk teman makan nasi atau sebagai campuran bahan untuk makanan lain. Namun untuk menikmati cita rasa yang paling mendekati bentuk aslinya kita lebih sering memasak telur menjadi dadar atau mata sapi. Tentu olahan seperti ini bakal terasa membosankan jika disantap hampir setiap hari.

Nah, berikut ini kami tampilkan beberapa kreasi hidangan berbahan telur yang mungkin belum pernah kamu coba. Lebih kreatif dan tak kalah lezat dari si telur mata sapi.

Baked Potato

 

Baked potato merupakan salah satu hidangan telur yang elegan tetapi cukup mudah dibuat. Kamu cukup menyiapkan kentang berukuran besar, kemudian kukus atau panggang di dalam oven hingga matang. Belah menjadi dua bagian, kemudian lubangi bagian tengahnya dengan sendok.

Hancurkan daging kentang yang sudah diambil dengan sendok tadi. Bumbui dengan merica, parutan keju, cincangan bawang bombay dan bawang putih yang sudah ditumis.

Masukkan kembali kentang tumbuk yang sudah dibumbui tadi ke dalam kulit kentang. Tekan-tekan hingga padat, kemudian pecahkan telur di atasnya. Taburi rajangan seledri, kemudian panggang hingga telur 3/4 matang.

Frittata

 

Pada dasarnya frittata mirip dengan dadar telur tebal yang dicampur berbagai bahan makanan. Kamu bisa membuatnya dengan campuran keju, paprika, sosis, jamur, brokoli, tahu, kentang, atau bahkan pasta.

Cara membuatnya cukup mudah. Tinggal menumis sayuran dengan cincangan bawang merah dan putih di pinggan tahan panas atau wajan anti lengket. Setelah itu tuang beberapa butir telur yang sudah dikocok sampai sayuran tertutup. Panggang di dalam oven atau masak di atas kompor sampai matang. Jika kamu memasak di atas kompor dan menginginkan frittata yang matang sempurna, balik dengan hati-hati agar bagian bawahnya tidak hangus.

Egg en cocotte

 

Hidangan telur panggang ini juga bisa menjadi menu sarapan yang istimewa. Biasanya terdiri dari tiga lapisan, yaitu bagian dasar, telur, dan keju di permukaan.

Kamu bisa membuat bagian dasarnya dari salad kentang, tomat tumbuk, tumis jamur, suwiran ikan atau ayam, ataupun daging giling. Padatkan dengan sendok, kemudian tuangkan telur di atasnya. Sementara bagian permukaannya ditutup dengan keju yang mudah leleh atau krim. Panggang di dalam oven sampai telur setengah matang, kurang lebih 10 menit.

Egg salad

 

Salad yang satu ini bisa disantap begitu saja atau sebagai isian sandwich (roti lapis). Bahan dasar yang dibutuhkan hanya telur rebus, mayones, bawang bombay, dan sedikit air jeruk nipis.

Cincang kasar telur rebus, kemudian campur dengan mayones secukupnya. Bumbui dengan air jeruk nipis, garam, merica, dan cincangan bawang bombay. Boleh juga ditambah rajangan seledri, cabai, atau paprika.

Omurice

 

Omurice sebenarnya tidak beda jauh dengan omelet alias telur dadar. Hanya saja disajikan bersama nasi goreng dan saus tomat. Ini merupakan hidangan yang cukup populer di Jepang dan Korea Selatan.

Untuk membuat telur dadar yang cantik, kocok telur dengan satu sendok teh yang sudah dilarutkan dengan sedikit susu. Buatlah dadar telur tipis dan sisihkan.

Buat nasi goreng sebagai pelengkap. Tumis bawang putih, bawang bombay, garam, dan merica, kemudian tuangkan nasi. Bumbui dengan saus tomat secukupnya.

Letakkan nasi goreng di atas dadar telur, kemudian lipat menjadi bentuk bulan sabit atau amplop. Sajikan dengan saus tomat di atasnya.

Itulah beberapa jenis olahan telur yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selain hidangan-hidangan di atas, kamu juga bisa mengolah telur dengan resep tradisional seperti semur, balado, dan telur petis. Rasanya tentu saja tak kalah lezat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*