Cara Ampuh Memulai Bisnis Tour & Travel Open Trip

Bisnis Tour & Travel adalah salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi peminat. Karena semakin banyak spot wisata yang dibangun di Indonesia, ditambah rekomendasi dari sosial media maka bisnis tersebut selalu mendapat perhatian tersendiri dari para konsumen. Mulai dari mahasiswa hingga pekerja, pada momen – momen tertentu mereka sengaja meluangkan waktu untuk melakukan traveling dari uang hasil tabungan. Itulah yang menjadikan bisnis ini sangat prospektif. Salah satu cara baru yang sedang banyak diminati adalah sistem open trip. Seperti namanya, sistem ini menawarkan suatu perjalanan yang dilakukan bersama beberapa traveler senior yang sudah tahu banyak titik wisata.

 

Kelebihan dari sistem open trip dari segi biaya adalah lebih murah dibandingkan paket yang ditawarkan bisnis tour & travel konvensional. Selain itu, banyak lokasi – lokasi wisata baru yang akan ditemukan karena perjalanan dilakukan dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang traveling. Sebelum membuka suatu trip, pastikan untuk mengetahui secara detail apa saja tempat – tempat wisata yang sekiranya menarik dan belum banyak didatangi. Selain itu, temukan informasi yang detail mulai dari harga tiket, jam operasional, akses, sampai kelebihan dan kekurangan spot tersebut. Jangan sampai salah informasi. Hal ini akan menimbulkan kekecewaan konsumen yang berakibat pada turunnya daya jual ke trip selanjutnya.

Karena sistem bisnis tour & travel jenis open trip memang perlu sebuah tim yang solid, maka pastikan job desk sudah benar dan tidak sampai dikerjakan oleh yang bukan ahlinya. Misalnya di bagian budget, seseorang yang mengerti tentang keuanganlah yang harus menghandle urusan tersebut. Selain soal kemampuan, tanggung jawab dan waktu juga amat penting. Karena sistem open trip ini bisa saja dilakukan oleh para traveler yang mempunyai pekerjaan lain di luar travel, maka waktu yang dialokasikannya untuk mengurus trip harus jelas. Banyak pihak yang harus terlibat dalam bisnis ini. Dengan demikian, pikirkan baik – baik dulu sebelum membentuk tim agar proyek bisa berjalan lancar.

Networking sangat penting saat seseorang berbicara soal promosi. Dalam bisnis tour & travel, koneksi dan relasi bisa sangat menunjang kemajuan setiap trip yang dilakukan. Selain dengan calon konsumen, mencari koneksi dengan pihak pengelola jasa transportasi seperti bus atau mobil, tempat menginap di sekitar area wisata, serta tempat makan yang recommended sebagai catering maupun spot wisata kuliner juga penting. Jadi, jika seluruh koneksi tersebut bisa dibangun secara baik, maka akan lebih mudah bagi pengelola untuk mendapat potongan harga, pelayanan yang maksimal, dan tentunya testimoni positif dari konsumen. Hal inilah yang kemudian menjadi awal keberhasilan sistem open trip yang dijalankan.

Teman – teman atau rekan kerja yang ditemui setiap hari bisa jadi adalah konsumen pertama untuk para pebisnis tour & travel sistem open trip pemula. Buatlah sebuat penawaran yang sekiranya lain daripada yang lain dari segi harga, tujuan wisata, sampai pelayanan. Sertakan juga foto – foto dan gambar yang menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan sangat menarik. Promosikan lewat berbagai media seperti sosial media, dari mulut ke mulut atau melalui komunitas grup aplikasi. Dengan demikian, jaringan akan bisa sangat luas dan peminat trip pun dapat dimaksimalkan. Tetapkan kuota jumlah traveler dalam satu trip sehingga antara biaya dengan segala estimasi seperti waktu, tempat, dan akomodasi bisa sinkron.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*