Tips Memilih Keramik Lantai Untuk Dapur Minimalis Anda

Dapur minimalis dengan konsep yang menarik, tentu membuat Anda lebih bersemangat dan menghasilkan ide-ide baru dalam memasak. Terutama bagi Anda yang hobi memasak atau ibu rumah tangga, dapur merupakan area yang paling sering digunakan. Salah satu cara untuk membangun suasana pada area dapur agar menyenangkan adalah dengan memilih keramik yang tepat sehingga bagian lantai selaras dengan dinding dapur.

 

Keramik dapur sendiri merupakan salah satu material interior yang digunakan untuk membuat tampilan lantai selaras dengan warna cat dinding menjadi lebih cantik, bersih dan juga nyaman saat digunakan beraktivitas. Dalam urusan model, keramik untuk bagian dinding dan lantai dapur tidaklah sama. Anda harus memperhatikan kedua perbedaan keramik ini. Perhatikanlah beberapa tips memilih keramik lantai dapur minimalis Anda berikut ini.

Pilih keramik lantai dapur kasar

Dalam memilih keramik dapur, Anda harus teliti saat memilih tekstur keramiknya. Dalam hal ini Anda harus memilih tekstur keramik yang kesat atau kasar, sebab dapur merupakan area yang licin karena berhubungan dengan cairan, minyak, sabun serta noda-noda berbentuk cairan lainnya. Sebaiknya hindari keramik lantai yang bertekstur licin dan sulit untuk dibersihkan

Pilih warna dan motif keramik yang tepat

Warna juga merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan sebab area lantai dapur seringkali kotor saat digunakan beraktivitas. Sebaiknya memilih warna keramik yang terang, sebab warna terang akan memberikan suasana tenang dan nyaman saat sedang beraktivitas di dapur. Perhatikan juga motif keramik yang tepat. Anda bisa memilih motif keramik lantai abstrak namun harus dipastikan warna tidak terlalu gelap. Selain itu, And juga bisa menggunakan keramik lantai polos yang bisa disesuaikan dengan warna dinding.

Pilih yang sesuai dengan budget

Perhatikan keramik yang sesuai dengan anggaran Anda dengan cara mengukur terlebih dahulu luas area dapur yang ingin Anda pasangi keramik. Tentunya Anda tidak perlu membeli keramik yang mahal. Anda bisa membeli keramik dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau sesuai kantong Anda. Saat memilih keramik, perhatikan ukuran dari keramik sehingga suasana yang dihasilkan pada area dapur akan sempurna. Untuk area dapur yang berukuran kecil, disarankan Anda memilih keramik dengan ukuran yang besar, tentunya agar area ini terlihat lebih luas. Begitu juga sebaliknya, jika area dapur cukup luas maka Anda bisa memilih ukuran keramik kecil.

Kayu menambah suasana klasik

Menghadirkan suasan klasik dalam dapur Anda bisa diciptakan dengan lantai kayu yang dapat menimbulkan kesan klasik. Pilihlah juga warna kayu yang sedikit gelap namun tidak terlalu netral. Warna yang terlalu netral akan menyebabkan lantai terlihat lebih cepat kotor sehingga Anda perlu secara rutin membersihkan lantai dapur.

Sesuaikan dengan interior

Supaya tampilan dapur Anda terlihat selaras, maka pastikan untuk memilih model dan juga warna keramik lantai yang senada dengan interior dapur serta kitchen set yang ada di area dapur. Jangan terlalu memaksakan untuk menggunakan keramik yang bercorak jika konsep dapur yang Anda ambil bertema dapur minimalis. Pemilihan keramik yang tidak selaras dengan tema dapur Anda tentu akan membuat area dapur tampak tidak menarik.

Keramik kuat dan mudah dibersihkan

Begitu banyaknya aktivitas yang terjadi di area dapur Anda, bisa saja hal yang tidak terduga terjadi, seperti tidak sengaja menjatuhkan barang-barang yang berpecah belah dan lainnya. Keramik yang kuat tidak akan mudah retak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih keramik yang kuat agar tidak cepat rusak supaya pemakaiannya bisa tahan lebih lama dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengganti keramik yang rusak.  Hindari juga memilih lantai yang bercorak-corak, apalagi bercorak timbul. Hal ini akan membuat banyak noda tertinggal di sela-sela keramik dan akan menyulitkan Anda saat menyapu atau mengepel lantai dapur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*