Cara Mudah Bedakan Cincin Emas Asli dan Palsu

Emas merupakan logam mulia yang sulit didapatkan, hal inilah yang membuat tawaran harganya juga jadi melambung sangat tinggi. Juga menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk menginvestasikan uangnya, mengingat bagaimanapun jika melihat dari segi harga dari logam mulia ini selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Sehingga untuk beberapa kalangan yang memang memiliki uang lebih, agar uang atau harta tidak hilang karena resiko inflasi akan lebih aman mengubahnya dalam bentuk instrumen investasi lain. Tak hanya itu sekarang ini rupa dari logam mulia ini juga sangat banyak, mulai dari kalung, gelang sampai cincin emas.

Tentunya bukan hal yang asing lagi bagi Anda jika seandainya banyak diantara masyarakat yang kemudian tertarik untuk membeli perhiasan atau logam mulia tersebut, mengenakan produknya bisa meningkatkan pride, tak kalah dengan itu sebenarnya ada nilai estetika juga yang didapatkan dengan memakai perhiasan dari logam mulia, warnanya yang lebih berkilau juga memancarkan aura yang mengenakannya.

 

Khusus untuk perhiasan emas ini sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit untuk didapatkan di pasaran. Mengingat banyak sekali toko yang menjualnya. Sehingga konsumen bisa dengan leluasa dalam memilih. Hanya saja satu hal penting yang wajib untuk Anda pertimbangkan adalah kualitasnya, karena tidak semuanya menjamin kualitas yang bagus dan juga asli, ingin membeli cincin emas maupun gelang emas, maka berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengenali mana yang asli dan juga palsu, diantaranya adalah:

 

  1. Lihat setiap bagiannya secara detil, sederhana saja karena pada umumnya emas yang asli warnanya sama antara satu bagian dengan bagian yang lainnya, sedangkan untuk produk yang palsu pasti ada beberapa celah warnanya, diantaranya beberapa bagian dari perhiasan tersebut warnanya pasti akan memudar, baik itu semakin memutih maupun menghitam, tandanya emas tersebut ada banyak logam campurannya.
  2. Digigit, cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengenali antara produk yang asli dan palsu adalah dengan menggigitnya, meskipun termasuk jenis logam, namun faktanya emas ini memiliki tekstur yang tidak sekeras logam lainnya, sehingga ketika digigit nantinya akan mengecap bekas gigitan, semakin dalam bekas gigitan tersebut menandakan bahwa kandungan logam mulia di dalamnya jauh lebih besar dibandingkan dengan yang tidak membekas atau bekasnya tidak dalam. Sehingga nantinya Anda bisa juga melihat seberapa besar logam campurannya.
  3. Tes dengan menggunakan magnet, cara ini juga bisa dipakai untuk melihat tingkat keaslian maupun bahan campurannya, karena pada dasarnya logam mulia ini tidak memiliki unsur magnetik sama sekali, sehingga jika dalam tes magnet ini nantinya emas akan ikut tertarik dan menempel, bisa dipastikan bahwa sebenarnya produk tersebut palsu. Sebaiknya jika tidak sampai tertarik, maka emas tersebut asli.
  4. Cek tanda resminya, umumnya untuk produk emas yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan besar meskipun ukurannya sangat kecil namun bisa dilihat secara jelas tanda atau label tahun pembuatan dari emas tersebut. Anda bisa memanfaatkan alat seperti kaca pembesar untuk membuatnya tampak lebih jelas.

 

Jadi bagaimana, sangat mudah bukan, cara tersebut bisa dipakai agar konsumen tidak tertipu ketika akan membeli emas dalam bentuk apapun, cincin emas atau perhiasan yang lainnya, apalagi dari segi harganya juga tergolong sangat mahal. Sayang bukan jika uang yang sudah dikeluarkan tak bisa kembali lagi, karena emas palsu tentunya tak dapat dijual kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*